Belajar PHP Lengkap untuk Pemula




[PHP]

PENGERTIAN
Singkatan dari "Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan luas untuk pembuatan dan pengembangan situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan html. Pada awalnya PHPT adalah singkatan dari "Personal Home Page Tools", diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Prepocessor" dengan singkatannya "PHP".

SEJARAH
PHP diluncurkan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994, pada bulan Juni 1996, dirilis PHP / FI 2.0. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP / FI secara signifikan.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat.
Pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis yang dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak digunakan karena memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi web yang rumit namun tetap memiliki kecepatan dan kemampuan yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari juru bahasa PHP mengubah perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

KELEBIHAN
[+] Bahasa pemrograman PHP adalah skrip bahasa yang tidak perlu dikompilasi (kompilasi)
[+] Mudah diinstall ke dalam server web yang mendukung PHP seperti apache dengan konfigurasi yang mudah.
[+] Dalam sisi pengembangan lebih mudah karena jumlah milis-milis atau tutorial yang membahas tentang PHP.
[+] PHP dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, Macintosh.

PENULISAN
Dihapus pada tag pembuka di tulis lengkap, agar tidak terjadi eror.

*Contoh*
 


[PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP / Java Sun Microsystems, dan CGI / Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks terdiri dari CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Wordpress, Mambo, Joomla, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain]



SYNTAX PHP Dasar

BATASAN
PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas seperti yang ditentukan oleh sintaks PHP dasar.  Apa pun di luar pembatas tidak diproses oleh PHP (meskipun teks PHP ini masih mengontrol struktur yang dijelaskan dalam kode PHP. Pembatas yang paling umum adalah "" Untuk menutup kode PHP. Tujuan dari  pembatas ini adalah untuk memisahkan kode PHP dari kode di luar PHP, seperti HTML, Javascript.

  [+ Contoh]

VARIABEL
Variabel dimulai dengan simbol dolar $.  Dalam versi PHP 5 diperkenalkan jenis isyarat yang memungkinkan fungsi untuk memaksa mereka menjadi parameter objek dari kelas, array, atau fungsi tertentu.  Namun, tipe petunjuk tidak dapat digunakan dengan tipe skalar seperti angka atau string.
Contoh variabel dapat ditulis sebagai $ nama_varabel.

Fungsi penulisan, nama kelas, nama variabel peka huruf besar kecil (huruf kapital) dan huruf kecil.  Dua tanda kutip ganda dari string memberikan kemampuan untuk menginterpolasi nilai variabel ke dalam string PHP.  PHP menerjemahkan baris sebagai spasi, dan pernyataan harus diakhiri dengan tanda titik koma;

  [+ Contoh]


KOMENTAR
PHP memiliki 3 jenis sintaks sebagai komentar dalam kode yaitu blok / * * /, 2 baris komentar //, dan tanda pagar # digunakan untuk komentar satu baris.  Komentar bertujuan untuk meninggalkan catatan pada kode PHP dan tidak akan diterjemahkan ke program.

  [+ Contoh]



FUNGSI
Ratusan fungsi yang disediakan oleh PHP dan juga ribuan lainnya tersedia melalui berbagai ekstensi tambahan.  fungsi-fungsi ini didokumentasikan dalam dokumentasi PHP.  Namun, dalam berbagai tahap pengembangan, sekarang memiliki berbagai konvensi penamaan.

  [+ Contoh]


klik info lebih lanjut untuk Kode dan Fungsi

Sekian Dari Saya Jika Ada Kesalahan Mohon Di Maafkan, Jangan Lupa Untuk Tinggalkan Komentar Dibawah, Karena Pembaca Yang Baik Akan Meninggalkan Jejak 😁

Posting Komentar

1 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)