VIRUS


4.     Cara Mendapatkan Virus


Virus  layaknya  virus  biologi  harus  memiliki  media  untuk  dapat  menyebar,     cara penyebaran virus komputer dapat dilakukan ke berbagai komputer / mesin lainnya juga melalui berbagai media, diantaranya:


aFlashdisk, media storage R/W

Media penyimpanan ekteral dapat menjadi saran empuk bagi virus untuk dijadikan media atau cara penyebaran virus komputer. Baik sebagai tempat menetap ataupun media penyebarannya.medi yang   bisa   melakuka operasi    /W   (Rea da write sangat memungkinkan untuk ditumpangi virus dan dijadikan  sebagi media penyebarannya.


b. Jaringan ( LAN, WAN, dsb)

Hubungan antar beberapa komputer secara langsung sangat memungkinkan utu virus ikut berpindah saat trjadi pertukaran / pengeksekusian file yang mengandung virus. Dengan demikian cara penyebaran virus komputer juga bisa terjadi dengan metode ini.


cWWW (Internet)

Sangat memungkinkan situs sengaja ditanamkan suatuvirus” yang akan menginfeksi komputer komputer yang mengaksesnya. Cara penyebaran virus komputer ini mungkin baru ada setelah adanya internet. Software yang Freeware, shareware atau bahkan bajakan. Banyak sekali cara penyebaran virus komputer yang sengja diitanamkan dalam sautu prograyang disebarluaskan baik secara grtis, atau trial version.

d. Attachmen pada email, transferring file.

Sebagian cara penyebaran virus komputer akhir-akhir ini menggunakan email attachment dikarenakn semua pemakai jenis internet pastilah menggunakan email unntuk berkomunikasi, file- file ini sengaja dibuatmencolok / menarik perhatian, bahkan serinkali memiliki ekstensi ganda pada penanaman filenya.


5.     Bagaiman Cara Virus Berkerja

Virus merupakan suatu program komputer yang memiliki kemampuan untuk merusak file atau merusak sistem komputer.Virus memiliki berbagai jenis dan mempunyai cara kerja yanberbeda-beda,Berikut Jenis-jenis virus dan cara kerja masing-masing virus :

a.    Virus File
       Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer anda. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.

b.    Virus Boot Sector
    Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi boot sector harddisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan).Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa membooting komputernya secara normal.

c.    Virus E-mail
      Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menyebar melalui e-mail (biasanya dalam bentuk file lampiran/attachment)Virus memiliki ciri khusus berupa ekstensi .scr, .exe, .pif, atau .bat. Apabila Virus ini aktif, maka dia akan mengirimkan dirinya sendiri ke berbagai alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna.

d.    Virus Multipartite
      Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector pada harddisk. Virus jenis ini akan menimbulkan banyak masalah karena menyebabkan kerusakan yang fatal.

e.    Virus Polimorfis
       Virus ini mempunyai cara kerja yang unik yaitu virus ini dapat mengubah kode dirinya
(berganti wujud) saat menyebarkan diri ke komputer lain Virus jenis lebih sulit dideteksi
karena mempunyai sifat seperti itu.

                   f.    Virus Siluman (stealth virus)
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu dia mampu Menyembunyikan dirinya dengacara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.

g.    Virus Makro
Virus ini mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Excel. Biasanya Dokumen yang terinfeksi oleh Virus Makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah Save untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.


6. Cara Aman menjaga komputer dari virus

aMemakai Antivirus:

Salah satu unsur perlindungan komputer adalah mengaplikasikan perangkat lunak antivirus dan selalu memperbarui versinya. Banyak program antimalware yang memberikan perlindungan virus, spyware, Trojan, horse, keystroke logger dan perangkat lunak berbahaya lainnya selalu tersedia fitur pembaruan manual. Setidaknya cek lisensi antivirus aktif. Jika telah kadaluarsa enam bulan lalu, antivirus atau antimalware tidak akan melindungi perangkat komputasi.

b. Filter Spam Di Email

Biang keladi penyebaran perangkat lunak berbahaya adalah spam di email. Beberapa paket email seperti Outlook, Yahoo Mail dan Gmail dibangun untuk menangkap fungsionalitas spam. Jika tidak ada program filtering di email untuk memblokir spam gunakan perangkat lunak pihak ketiga, Penting untuk diingat bahwa filter spam tidak 100% efektif. Cara terbaiknya, jangan buka lampiran email dan mengunduh file jika tidak tahu pengirimnya, jangan buka file dengaekstensi file. Exe seperti myfile.exe.

c. Selalu Aktifkan Firewall
Salah bila kita merasa komputer sudah terlindungi ketika memiliki program antivirus. Perangkat komputasi harus juga dilindungi Firewall yang bertindak sebagai filter pelindung dari malware dan penyusup.Jika terkena malware, Firewall dapat mencegah program berbahaya tersebut terhubung ke internet.
Firewall aktif pada pemblokiran Trojan horse. Bentuk umum dari malware itu bisa mentransfer file data dari komputer tanpa sepengetahuan pengguna. Kemudian mengunduh file berbahaya ke program yang ada di komputer. Firewall merupakan perangkat lunak mandiri. Tetapi lebih sering menjadi bagian dari Internet Security Suite. Sedangkan perangkat keras Firewall biasanya perangkat yang terhubung antara internet dan komputer. Biasanya dimasukkan menjadi bagian dari router jaringan.

d.   Aktifkan Microsoft Updates:

Pembaruan Microsoft Windows, Office, dan Internet Explorerlewar Microsoft Updates sangat peting. Pembaruan ini gratis dan dapat diunduh manual melalui Windows atau menginstalnya. Secara berkala Microsoft menyediakan fitur Service Pack. Sistem pembaruan ini menjadikan program stabil, tidak terjadi degradasi kinerja dan pelanggaran keamanan. Jika menggunakan browser Mozilla Firefox merupakan alternatif baik pengganti Internet Explorer. Pastikan selalu memperbaruinya melalui Firefox Updates.
e Memperbarui Komponen Keamanan Komputer

Disarankan mengecek sesekali komponen keamanan seperti antivirus dan antispyware. Jika perangkat lunak out of date, sistem komputasi rentan terhadap ancaman kejahatan cyber, Jika sekarang komputer, laptop atau notebook sudah terkena virus dan sulit di atasi.


7.     Cara Menghilangkan Virus

a.    Yang pertama untuk menghindari virus komputer menginfeksikan ke komputer,kita harus berhati hati dalam proses melakukan transfer data baik itu dari flashdisk,memory hp,maupun jaringan internet,serta untuk pencegahan kita perlu menampilkan file file yang di sembunyikan (dihidden).
b.    Hapus file file virus

c.    Manfaat  fasilitas  yang  disediakan  windows  yang  berupa  windows  explorer  untuk menemukan file file yang dicurigai sebagai virus
d.    Nonaktifkan proses virus

e.    Hal ini sangatlah penting dilakukan.Biasanya proses virus berbentuk ikon yang berupa folder juga berbentuk file microsoft word.Gunakan aplikasi seperti process explorer,pocket killbox,showkill process dan lain sebagainya
f.    Pulihkan Registry

g.    Jika tidak melakukan hal ini,maka virus bukan tidak mungkin dapat merusak lagi komputer kita.Hapus juga entry schedule task yang dibuat virus jika ada.
h.    Nonaktivkan system restore

i.     Fasilita yan disediaka oleh   windows   ini   berfungsi   dalam   mengembalikan konfigurasi sistem kedalam konfigurai sistem yang sebelumnya.Ini penting dilakukan agar tidak kembali ke konfigurasi sistem sebelumnya yang telah dirusak virus.
j.    Munculkan file file yang di sembunyikan oleh virus.


8.      Referensi







9.      PESAN MORAL

a Lindungi data penting kalian folder yang di .rar akan menyulitkan virus masuk. Simpan dan lakukan yang baik-baik/ positif.
b.   Backup data dibanyak tempat contoh could internet. c Jangan membuka situs website yang negative
d.   Jangan sembarangan mengklik kalau itu mencurigakan mendingan jangan di eksekusi.

Semoga bermanfat…. Terimaksih

Sekian Dari Saya Jika Ada Kesalahan Mohon Di Maafkan, Jangan Lupa Untuk Tinggalkan Komentar Dibawah, Karena Pembaca Yang Baik Akan Meninggalkan Jejak 😁

Posting Komentar

0 Komentar