VIRUS


1.     Pengertian Virus Komputer


Virus Komputer adalah Aplikasi atau program pada komputer yang bisa merusak program suatu komputer atau pun juga dapat merusak data dokumen yang terdapat pada komputer, virus komputer membuat pengguna komputer merasa terganggu atau pun tidak menimbulkan pengaruh apa pun. Virus komputer tidak jauh berbeda dengan virus biologi yang menyebar dengan cara menyisipkan diri sendiri ke sel suatu mahluk hidup yang menjadi sasarannya. dan cara kerja Virus komputer menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan  salinan  dirinyke dalam  prograatau dokumen lain. perlu diketahui virus pada komputer pada umumnya bisa merusak Software atau perangkat lunak komputer dan tidak secara langsung merusak perangkat keras komputer, virus komputer dapat merusak perangkat keras suatu komputer dengan cara memuat program pada komputer untuk memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory, hardisc atau pun bahkan Procesor. Pengaruh buruk  dari  virus  komputer  yang paling utama  adalah virus  yang selalu memperbanyak diri sendiri, yang dapat membuat sumber daya pada komputer, misalnya pada penggunaan memori, menjadi berkurang. Hampir sembilan puluh lima persen Virus adalah menyerang pada sistem operasi yang berbasis Windows. Sisanya, yaitu dua persen virus menyerang pada sistem operasi  Linux  / GNU dengan versi kernel dibawah 1.4  (dan  Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), satu persen menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). dua persen lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.


2.     Jenis-Jenis Virus


a.    Nimda
Virus ini menjangkiti pertama kali di tahun 2001. Nimda termasuk worm yang menyebar dengan cepat di internet. Target utama virus tersebut, yaitu, server internet dan komputer rumah dan kantor. Tak hanya menyerang PC, virus juga menyerang handphone. Misalnya, CommWarrior dan Skulls Virus yang menyerang Symbian.

b.    Netsky
Virus Ini diciptakan oleh Sven Jaschan, pemuda 17 tahun asal Jerman . Virus Sasser menyerang kerentanan komputer Windows. IVirus ini tidak menyebar via email. Namun, jika terinfeksi akan terhubung sistem dan mengunduh virus lain kemudian akan memindai IP secara acak dan menentukan korban selanjutnya. Netsky menyebar via email (Windows) lewat berkas lampiran ‟22,016-byte‟. Sven Jaschan diganjar kurungan 1 tahun 9 bulan sebab masih berusia kurang dari 18 tahun.



c.    Melissa

Virus ini diciptakan oleh David L. Smith pada musim semi 1999. Nama virus diambil dari nama penari eksotis Florida. Melissa menyerang via email dengan tajuk Ini  adalah dokumen yang Anda minta. Saat terinfeksi, komputer akan mengirimkan ke 50 daftar teratas kontak email. Pembuat virus ini, David L. Smith telah ditangkap oleh FBI dan didenda dengan kurunga20 bulan dan denda USD 5.000.


d.    ILOVEYOU
Virus ILOVEYOU menyebar via email. Di email ILOVEYOU menggoda dengan tajukIni adalah surat cinta dari pengagum rahasia. Ketika komputer terinfeksi ILOVEYOU akan mengakibatkan folder atau berkas menduplikasikan diri, menambah berkas ke regristi. Kemudian data korban bocor (email), dan dampak lainnya. Virus ini diyakini diciptakan oleh Onel de Guzman dan menyebabkan kerugian hingga USD 10 Miliar.


e.    The Klez Virus
Virus ini muncul pada akhir tahun 2011. Dilihat dari variasinya yang menjangkiti internet kala itu, The Klez Virus mampu bertahan hingga berbulan-bulan. Menginfeksi korban via email dan direplikasikan kemudian ke daftar alamat email korban. Beberapa jenis virus The Klez bisa membuat komputer terinfeksi, lalu gagal beroperasi. Bahkan bisa menonaktifkan pemindai anti virus Anda.


f.     Strom Worm
Symantec menyebut virus ini Peacomm sementara McAfee menyebutnya sebagai Nuwar. Storm Worm menimbulkan banyak kerugian. Peretas menggunakannya sebagai media pengirim spam. Beberapa versi Storm Worm mengubah PC komputer Anda menjadi bot yang rentan dikendalikan (diremote) jarak jauh. Storm Worm umumnya menyebar via email. Pra Olimpiade Beijing China 2008 lalu warga TiraBambu  disesatkan dengaemail Bencana mematikan China‟ yang ternyata tersemat virus tersebut.


g.    Leap-A atau Oompa-A
Pada tahun 2006 virus Leap-A virus atau juga dikenal sebagai Oompa-A menggunakan program  pesan  instan  iChat  untuk  menyebarkan  di  komputer  Mac  yang  mudah  etrinveksi. Setelah virus menginfeksi Mac, maka melalui daftar kontak iChat mengirimkan pesan ke setiap pengguna yang aktif. Pesan berisi berkas rusak yang tampil dalam gambar JPEG. Virus ini memang tidak mengakibatkan kerusakan fatal, tapi menunjukkan komputer sekelas Mac, yang mahal dengan keamanan yang ketat bisa juga terjangkiti.


h.    Code Red dan Code Red II
Virus ini pertama kali menjangkiti di musim panas 2001. Lalu, menyerang kerentanan Windows 2000 dan Windows NT. Code Red dan Code Red II lewat serangan DDoS pernah menyasar Gedung Putih, Amerika Serikat (AS). Jika terinfeksi virus ini maka komputer tidak mematuhi pemiliknya. Orang yang menginfeksikan virus tersebut bisa mengendalikan komputer dan memanfaatkannya untuk kejahatan.


i.    SQL Slammer atau Sapphire
Pada akhir Januari 2003, virus web server baru tersebar di dunia maya. Saat itu banyak jaringan server yang tak siap. Bahkan, layanan ATM Bank of America pun lumpuh. Maskapai penerbangan  Continental  Aielines  terpaksa membatalkan  penerbangan  akibat  sistem  tikeelektronik dan check-in padam dan rusak. Kerugian ditaksir mencapai USD 1 Miliar sebelum ditemukan pemecahan menangani virus SQL Slammer.

j.    MyDoom
Virus ini menyebar melalui email dan jaringan koneksi (peer-to-peer). Menurut perusahaan keamanan messageLabs, satu dari 12 email tahun 2004 lalu, kala virus ini heboh mengandunMyDoom.  Seperti  The  Klez  virus,  MyDoom  sangat  sulit  melacak  sumber infeksinya. [dbs-12]


3.     Ciri-Ciri Komuter Terkena Virus


a.    Waktu Booting Windows Bertambah Lama.
komputer  akan  berjalan  lebih  lambat  dari  biasanya,  dan  hal  ini  berlangsung  secara konsisten semakin melambat

b.    Komputer Sering Mengalami Hang.
komputer tiba-tiba berhenti atau tidak mengalami respon atau yang biasa dengan sebutan hang dan hal ini terjadi secara berulang-ulang.

c.    Komputer Tiba-Tiba Resart Atau Crash
sering muncul tulisan "don't send" dan hal ini terjadi beberapa menit sekali, dan yang paling parah adalah komputer tidak bisa masuk kedalam windows lagi.

d.    Koneksi Internet Melambat
bebrapa jenis virus hanya dapat berkerja dalam keadaan komputer tersambung dengan internet. apabila pengiriman telah terhubung dengan internet. maka secara otomatis virus-virus tersebut akan memulai mengirimkan data-data yang telah didaptkannya pada komputer yang terinfeksi. data - data tersebut kemudian dikirimkan melaui jaringan internet dan membuat traffic data internt menjadi penuih da finalnya koneksi internet menjadi sangat lambat secara signifikan.

e.    Fungsi Utama Tidak Berfungsi 
pada sistem windows banyak sekali sistem yang tidak dapat berfungsi disebabkan virus. seperti menu folder option menghilang, task manager tidak dapat ditampilkan, registry editor(regedit) tidak dapat ditampilkan, hidden file tidak dapat ditampilkan, CTRL+ALT+DEL tidak dapat berfungsi.

f.    Hard Disk Menjadi Penuh Sendiri
komputer yang terjangkit virus secara otomatis, virus tersebut akan berkembang biak dengan jumlah yang sangat banyak. hasil perkembangbiakan dari virus tersebut akan mengurangi kapasitas hardisk dengan cepat.

g.   Muncul File Yang Mempunyai Nama Yang Sama Dengan Nama Folder.
kebanyakan virus  yang terjangkit komuter memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya pada setiap folder yang ada. file yang baru memiliki kemampuan untuk mengandakan folder yang ada didalamnya ada file virus yang baru dan memiliki nama file yang sama dengan nama folder, dan setersunya.

h.    Folder Atau File Tidak Bisa Di Delete
biasanya file/folder yang terkena virus dari point no 7 tidak dapat di delete, kalaupun bisa biasnya akan secara otomatis muncul kembali.


i.    Aplikasi Antivirus  Di Non Aktifkan
komputer/laptop yang memiliki antivirus dan tidak diupdate sedang virus tersebut kuat maka biasnya program aplikasi anti virus akan dinonaktifkan tanpa alasan, dan hasilnya virus terzebut akan berkembang biak dan metrusak komputer secara berlahan-lahan tanpa disadari

j.    Layar Blue Screen


Sekian Dari Saya Jika Ada Kesalahan Mohon Di Maafkan, Jangan Lupa Untuk Tinggalkan Komentar Dibawah, Karena Pembaca Yang Baik Akan Meninggalkan Jejak 😁

Posting Komentar

0 Komentar